Harry Potter - Golden Snitch

Google+ Badge

HAL UNIK DIDUNIA


didunia ini banyak sekali terjadi atau ada hal2 unik yang perlu diketahui oleh kita semua.. utnuk menambah wawasan yuk kita lihat apa aj itu...

Robot telah menjadi bagian integral masyarakat dunia, khususnya masyarakat Jepang yang tergolong “hobby” dalam menciptakan produk-produk dan gadget-gadget canggih, dalam hal ini adalah robot. Beberapa robot berhasil dirancang, dikembangkan dan diproduksi di Jepang. Berikut ini adalah 10 robot canggih, luar biasa dan tentu saja desain yang unik serta menarik.
1. Murata Seiko Chan



Murata Seiko Chan adalah robot perempuan yang bersepeda dengan satu roda. Robot ini diciptakan untuk memenuhi permintaan pasar, khususnya masyarakat Jepang yang terpesona dengan produk robot sebelumnya yaitu Murata Boy (robot bersepeda). Murata Seiko Chan adalah robot mainan yang dilengkapi dengan bluetooth, kamera, sensorultrasonik yang dapat mengirimkan video. Robot yang berbobot 5 kg tinggi 75 cm ini launching pada tahun 2009.

2. Toyota’s Humanoid



Toyota Humanoid adalah robot yang mampu bermain alat instrumentalia terutama biola yang dipertunjukkan pertama kalinya pada tahun 2007. Dalam debut penampilan perdananya robot canggih ini dapat memainkan karya Elgar, Pomp and Circumstance. Meskipun kualitasnya tidak sebagus permainan biola oleh manusia, tetapi ini cukup menghibur. Robot ini juga mampu berkolaborasi dengan manusia dalam memainkan biola sehingga menjadi pertunjukkan yang menarik.

3. Rollin Justin



Rollin Justin adalah sebuah robot canggih yang diciptakan oleh DLR (pusat ruang angkasa Jerman). Rollin Justin memiliki kemampuan sigap dalam menangkap benda-benda yang dilemparkan ke arahnya serta dapat membuat kopi. Robot berwarna biru ini dilengkapi dengan kamera stereoskopik dan berbagai sofware canggih. Tingkat akurasi robot ini mencapai 80% dalam menangkap bola, menghindari rintangan bahkan mengenali manusia. Kelebihan ini dapat ditingkatkan dengan dilakukan perbaikan-perbaikan agar robot RollinJustin lebih manusiawi. 

4. Aibo 



Aibo adalah robot berbentuk anjing yang imut, lucu dan menggemaskan ini diproduksi oleh perusahaan Sony. Aibo diperkenalkan pada tahun 1999, meskipun produksi robot ini telah dihentikan tahun 2006, namun kehadiran robot Aibo memberikan warna baru dalam dunia ilmu pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan robot. Aibo dapat berjalan, menyalak, mengenali perintah melalui suara. Ada banyak generasi dan model robot Aibo yang diciptakan dari tahun ke tahun. Seperti seekor anjing, robot Aibo juga memiliki emosi nyata dan naluri bukan sebagai mainan. Robot Aibo juga membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari tuannya hingga ia berkembang seperti seorang teman, seperti namanya Aibo yang berasal dari Artificial Intelligence Bo (teman atau sahabat). 

5. T-52 Enryu



T-52 Enryu adalah robot penyelamat yang besar. Robot ini diciptakan untuk membantu manusia pada waktu terjadi bencana alam, seperti gempa bumi. Robot raksasa ini menggunakan mesin hidrolik pada saat sedang beroperasi, seperti menyingkirkan puing-puing dijalan akibat gempa, mengangkut para korban bencana. Robot T-52 Enryu mempunyai berat hingga 5 ton dan tinggi 3 meter, mampu mengangkat beban hingga 1 ton. T-52 Enryu dirancang dan diproduksi oleh perusahaan Tmsuk-Jepang yang telah diresmikan tahun 2004 dan telah banyak berpartisipasi dalam pemulihan bencana alam. 
6. Testudo robot 



Testudo adalah sebuah robot pengintai yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Inggris. Robot Testudo dibuat dengan ukuran kecil (mirip dengan mobil mainan RC) dengan 4 roda, kamera yang dikendalikan oleh layar sentuh, kontrol gerakan dengan menggunakan kontroler X-box, lincah karena ukurannya yang kecil dapat menjelajahi sebuah ruangan hingga kesudut-sudut yang tidak terjangkau. Meskipun robot canggih ini digunakan untuk keperluan perang untuk melindungi pasukan, tetapi alangkah baiknya jika tidak ada perang yang terjadi dan pembuatan robot ini bertujuan hanya untuk kepentingan ilmu pengetahuan semata. 
7. Twendy One Robot 



Twendy One adalah robot canggih yang diciptakan untuk membantu atau mempermudah hidup manusia. Robot ini diproduksi oleh Waseda University di Jepang. Twendy One dapat melakukan tugas harian seperti menyiapkan sarapan dengan mengeluarkan roti dari pemanggang. Membawa makanan dengan nampan. Mampu mengambil dan memegang benda-benda yang kecil, halus, lunak seperti cangkir kertas, plastik, sedotan tanpa membuatnya menjadi hancur. Kepala Twendy One berisi dua kamera CCD dan dilengkapi dengan sensor kekuatan yang bertujuan untuk mendeteksi sentuhan di kepalanya. Twendy One diciptakan untuk mengantisipasi kurangnya tenaga kerja dalam melayani kebutuhan manusia, terutama di Jepang. 
8. Da Vinci Surgical System Robot 


Da Vinci Surgical System Robot adalah robot bedah canggih yang dirancang untuk memperluas kemampuan dokter bedah dan menawarkan pilihan minimal invasif (sebuah prosedur dalam operasi) untuk operasi besar. Robot besar ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti visualisasi yang unggul, ketangkasan, tingkat presisi yang akurat, kenyamanan ergonomis, mampu menyayat 1-2 cm, memiliki kamera 3D yang cukup besar. Da Vinci Surgical System Robot dirancang untuk memperbaiki operasi laraskopi (adalah operasi yang dilakukan di perut atau panggul dengan melakukan sayatan) yang konvensional. Da Vinci Surgical System Robot telah dikomersilkan untuk dunia kedokteran dengan harga 1,3 US$ (sekitar 11 miliar rupiah) dan telah terjual sebanyak lebih dari 1000 unit di seluruh dunia. 
9. Spirit and Opportunity Robots 



Spirit and Opportunity Robots adalah sebuah proyek robot yang diprakarsai oleh NASA untuk Mars Exploration Rover Mission (REM) atau misi menjelajahi planet Mars. Robot Spirit and Opportunity memulai misinya sejak tahun 2003 dengan tujuan mencari tahu, mengeksplorasi berbagai karakteristik batuan dan struktur geologi planetMars. Spirit dan Opportunity adalah robot kembar dengan enam roda, mempunyai panel surya (Spirit dan Opportunity bertenaga surya), dilengkapi dengan kamera panorama untuk meneliti tekstur- warna-mineralogi planet Mars, kamera navigasi dan beberapa fitur canggih lainnya. Spirit dan Opportunity menjalankan tugasnya dengan baik mulai tahun 2003, dan telah berhasil mengabadikan beberapa fenomena yang terjadi di planet Mars seperti badai dust devil, pencitraan batu-batuan Mars, kawah-kawah yang terdapat diplanet Mars, berhasil mengirimkan lebih dari 130 ribu gambar dan menemukan adanya indikasi air di planet Mars. Kemudian dikirim ke bumi sebagai bahan penelitian para ilmuan. 
10. Asimo 



Robot Asimo adalah robot canggih yang humanoid artinya secara keseluruhan baik fisik dan fungsi dibuat menyerupai manusia dengan tinggi 130 cm dan berat 54 kg. Robot Asimo di produksi oleh Honda (Jepang) dan diperkenalkan pada 28 April 2011. Robot Asimo merupakan robot yang canggih, luar biasa dan desain yang lebih bagus dari pada pendahulunya. Kelebihan robot Asimo antara lain dapat berjalan dan berlari dengan gerakan yang lebih halus (kecepatan berjalan 2,7 km/jam sedangkan kecepatan berjalan normal manusia 5 km /jam), menerima perintah suara dan mampu membedakan suara, mampu mendeteksi benda yang bergerak, dapat mengenali postur tubuh dan isyarat (misal mengenali wajah hingga 10 wajah yang berbeda) dan hebatnya lagi robot Asimo dapat mengenali lingkungan sekitar (misal rumah). Tujuan diciptkan robot Asimo adalah untuk membantu tugas manusia dalam kehidupan sehari-hari, bahkan 20 unit robot Asimo dimasukan ke rumah sakit dan panti jompo di Jepang untuk membantu para petugas disana.
baca selengkapnya »»

0 komentar:

Posting Komentar

Banner Link Sahabat